12 Program Prioritas Pembangunan Pemda Bengkulu Selatan Berlanjut di Tahun 2021

oleh -65 views

BENGKULU SELATAN | PANDAWA98.COM – Wakil Bupati Bengkulu Selatan H.Rifa’i Tajudin membuka Rapat Koordinasi penyampaian arah kebijakan dana alokasi khusus serta Persiapan Pengusulan DAK Fisik Tahun Anggaran 2021, di Aula Bappeda Litbang, Kamis (4/6).

Pada kesempataan tersebut, Wakil Bupati kembali menegaskan bahwa prioritas pembangunan pemerintah daerah tahun 2021 tetap fokus pada 12 program prioritas.

Adapun 12 program prioritas pembangunan daerah Bengkulu Selatan yakni Universal Healtj Coverage atau Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda), Jemput Sakit Pulang Sehat (JSPS), Satu Perawat Satu Desa (Spada), Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDa), Kabupaten Hafiz (Bebas Buta Baca Tulis Alquran), Satu Keluarga Satu Sapi (Sakti), Penumbuhan Kampung Ternak Insentif Terpadu (Paten), Bengkulu Selatan sentra jagung nasional, Bengkulu Selatan sentra patin, peremajaan kelapa sawit (replanting sawit), penyediaan infrastruktur dasar strategis dan pengembangan destinasi wisata unggulan daerah.

Terkait dengan usulan DAK fisik tahun 2020 mendatang, Wabup meminta agar program yang diusulkan dapat mendorong pengentasan kemiskinan dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

“Apalagi pandemi Covid-19 ini tentunya sangat berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat. Makanya harapan kita, program DAK yang diusulkan nanti bisa membantu menggerakkan ekonomi rakyat. Apa saja usulan DAK, belum bisa dipastikan, karena masih akan dibahas,” jelas Rifai Tajudin.

Terhadap beberapa program pembangunan yang bersumber dari DAK tahun 2020 yang dibatalkan karena pandemi Covid-19, menurut Wabup masih berpeluang bisa diusulkan kembali di tahun 2021.

“Masih bisa diusulkan kembali di 2021, selama memenuhi syarat, dan menunya tersedia,” demikian Wabup.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Bapedda – Litbang Bengkulu Selatan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Bengkulu Selatan Yudi Satria, Kepala Bappeda Litbang Sukarni dan beberapa Kepala OPD Pengelolah Dana DAK Fisik. [IAC/and]

top