18 KK Keluarga Penerima Manfaat ( KPM) Desa Terulung Terima Bantuan BLT-DD Tahap l

oleh -25 views

BENGKULU SELATAN | PANDAWA98.COM – pemerintah Desa Terulung salurkan bantuan langsung tunai BLT-DD tahun 2021. dalam penyaluran bantuan ini dilaksanakan diaula kantor Desa setempat. Selasa 20/4/21.

Dalam sambutan Pjs Kades Migardi. banyak mengucapkan rasa terima kasih terhadap segenap unsur trivika Kecamatan BPD. dan tim relawan Covid-19 yang telah sempat hadir dalam acara penyaluran bantuan BLT Dana Desa tahap satu ini. dan juga kami selaku pihak pemerintahan Desa banyak mengucapkan rasa trima kasih dengan anggota BPD dan tim relawan covid-19. Yang telah melakukan pendataan penerima bantuan BLT Dana Desa ini secara maksimal.

Berdasarkan Kementrian Keuangan telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan Tentang pengelolaan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021, No. 222/PMK.07/2020, dan Peraturan Mentri Desa nomor 13 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa, Surat Edaran Bupati Bengkulu Selatan nomor 140/28/2021.
Desa diwajibkan kembali menganggarkan BLT Dana Desa, terhitung dari bulan Januari sampai Desember dengan besaran Rp. 300.000 per Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Adapun mekanisme dan tata cara penyalurannya pun sudah di tentukan. Di mana KPM penerima BLT Dana Desa 2021 adalah KPM penerima BLT Dana Desa. mempertimbangkan hasil pemutakhiran atau validasi data KPM 2020.
Untuk melaksanakan PMK, Permedes dan Surat Edaran Bupati Bengkulu Selatan. Tim relawan Covid-19 yang terdiri dari Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa dan perwakilan masyarakat Desa Terulung Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan yang telah melalaui proses musyawarah validasi dan finalisasi data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) yang bersumber dari Dana Desa.

Dalam sambutannya Penjabat Kepala Desa (Pjs) Migardi. menyampaikan, agenda hari ini merupakan penyaluran bantuan langaung tunai BLT Dana Desa tahap satu sebesar Rp.300.000,- tentunya dalam penyaluran bantuan ini Migargi. Berharap terhadap penerima manfaat agar uang tersebut dapat dipergunakan sesuai dengan peruntukannya,” harapnya.

Lebih jauh Pjs menjelaskan kepada penerima manfaat kami selaku pemerintah desa tidak ada tebang pilih semua warga sama akan tetapi untuk penerima bantuan ini sudah melalui proses pendataan sesuai dengan aturan yang telah ditentukan “Sebab aturannya jelas, BLT DD diperuntukan untuk masyarakat miskin yang berdomisili di desa setempat dan belum tersentuh bantuan lainnya dari Pemerintah, aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menkeu nomor 222 tahun 2020 dan Surat Edaran Bupati Bengkulu Selatan nomor 140/28/2021,” ungkapnya.

Ditempat yang sama Ketua BPD Desa terulung Marni. Menjelaskan kepada masyarakatnya dalam penetapan KPM BLT Dana Desa harus dilakukan dengan penuh ke hati-hati sebab yang namanya bantuan harus sesuai dengan keperuntukannya, juga harus tepat sasaran jangan sampai menimbulkan konflik sosial di masyarakat, harus tepat dan cermat.
“Setiap masyarakat yang memenuhi kriteria di atur dalam PMK maupun surat Edaran tentunya harus kita prioritaskan,” jelas Marni.

Camat Manna yang diwakili Sekcam Yuhildani Ssos memberikan pengarahan terhadap penerima manfaat agar kiranya uang tersebuat dapat dipergunakan sesuai dengan peruntukannya bardasarkan ajuran pemerintah Pusat dan Daerah dan tetaplah mematuhi protokol keshatan,”Cetusnya. Hal yang Senada disampaikan oleh Babinsa. [and]

top