Antisipasi Fitnah, Tim Pemenangan BUMI Sweeping Stiker Calon Nomor Urut 2

oleh -297 views

BENGKULU SELATAN | PANDAWA98.COM – Menjelang Pilkada Tahun 2020, setiap pasangan calon kepala daerah memiliki gaya kampanye masing-masing demi mempromosikan diri.

Salah satu media kampaye yang dipergunakan adalah memakai stiker.

Demi mematuhi aturan, Tim Pemenagan BUMI menggelar sweeping besar-besaran terhadap penyalahgunaan stiker Paslon Nomor Urut 2 yang sengaja ditempel pihak tertentu di tempat-tempat terlarang.

Koordinator Tim Pemenangan BUMI, Hendra mengatakan pihaknya menemukan stiker BUMI terpasang tidak sesuai intruksi tim, sehingga beresiko melawan aturan berlaku.

Di menilai, pemasangan itu mungkin saja dilakukan simpatisan yang belum mengetahui regulasi, atau bisa juga dilalukan pihak-pihak lain yang bertujuan negatif/sabotase.

Menyikapi situasi demikian, terang Hendra, Tim Pemenangan BUMI melakukan sweeping. “Supaya tidak terjadi salah persepsi, aturan bisa ditaati, dan kita tetap ingin menang terhormat, tanpa propaganda keji yang dapat mencederai demokrasi,” ucapnya, Minggu (4/10/2020) pagi.

Dia berjanji, sweeping ini akan rutin dilaksanakan demi mewujudkan kepatuhan terhadap regulasi Pilkada yang telah ditetapka KPU.

Hendra menyadari, stiker tidak serta-merta boleh dipasang di sembarang tempat.

Berdasarkan Pasal 26 Ayat (2) Peraturan KPU, stiker dilarang ditempel di tempat-tempat umum seperti :
1.Tempat ibadah termasuk halaman.
2. Rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan.
3. Gedung atau fasilitas milik pemerintah.
4. Lembaga pendidikan (gedung dan sekolah).
5. Jalan-jalan protokol.
6. Jalan bebas hambatan.
7. Jalanan dan prasarana publik dan taman dan pepohonan.[and]

top