Bupati Gundul Didesak Gedor Sindikat Monopoli Proyek 2 OPD

oleh -168 views

BENGKULU SELATAN | PANDAWA98.COM – Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi didesak segera memberi peringatan keras kepada pihak-pihak diduga terlibat sindikat monopoli proyek pemerintah.

Agar proses tender sejumlah proyek di daerah tersebut yang acapkali dinilai tak sesuai prosedur, bisa kembali pada koridor sewajarnya.

“Bukannya tetap mempertontonkan kesan proyek-proyek itu sudah diatur sedemikian rupa demi memenangkan perusahaan tertentu,” ujar Habiburrahman, salah satu pemuda setempat, Jum’at (5/3/2021) siang.

Bang Beb, sapaan karibnya, menilai fenomena kongkalikong tender proyek antara panitia dan perusahaan calon rekanan tidak mencerminkan profesionalitas pemerintah daerah.

Disamping, hal demikian akan memicu kecemburuan kalangan perusahaan yang tidak memiliki koneksi khusus di internal pemerintahan.
Apalagi kalau persyaratan dalam KAK diduga mengada-ada.

Belakangan, Bang Beb mengaku tengah menyoroti indikasi ketidakberesan pada proses tender di Dinas PUPR dan Dinas Dikbud.

Bahkan, lanjut dia, tender di Dinas PUPR sempat terjadi kesalahan pengumuman dan somasi dari pihak pemilik SKT mandor konstruksi, serta terjadi pembatalan beberapa lokasi.

“Saya melihat, walaupun belum ditetapkan pemenang, hanya 20 perusahaan saja yang bakal mengerjakan sebanyak 54 proyek rehabilitasi di lingkungan Dinas Dikbud tahun ini,” tandas Bang Beb.

“Karena ada dugaan dalam proses lelang, panitia mengamankan kontraktor tertentu, sehingga peluang kontraktor lain tertutup,” timpalnya.

Dia mencontohkan, ada kontraktor yang bakal bekerja menangani lebih dari empat paket proyek, sementara kontraktor lainnya tidak mendapat kesempatan.

Kondisi ini pun semakin menimbulkan kecurigaan terhadap kinerja panitia lelang yang dinilai tak lakukan tugas sesuai aturan.

Ironisnya, kata dia, permainan ini diperparah dengan bakal ada oknum pejabat ASN setempat yang bakal ikut mengerjakan paket proyek di lingkungan Pemkab Bengkulu Selatan.

Lebih jauh Bang Beb meminta Gundul, sapaan familiar Bupati Gusnan Mulyadi bersikap tegas kepada panitia lelang, agar bisa bersikap adil.[And]

top