Desa Tumbuk Tebing Laksanakan Rapat Pra Pelaksanaan Pembangunan

oleh -5 views

BENGKULU SELATAN | PANDAWA98.COM – Pemerintah Desa Tumbuk Tebing, Kecamatan Bunga Emas Kabupaten Bengkulu Selatan Rabu (15/4/20) gelar rapat pra pelaksana pembangunan.

Acara berlangsung di kantor Desa serempat dihadiri Ir Miran Camat Bunga Emas, Kapolsek Ipda Davinsi Josie Sidabutar, S.TrK. Banbinsa, Serka Tamrin, Sulisman Ketua BPD, pendamping Desa dan sekitar dua puluh orang perwakilan warga Desa Tumbuk Tebing.

Dalam sambutanya Pj Kades Gapurli mengatakan, dalam kondisi covid-19, namun berdasarkan instruksi Pemerintah Daera untuk Padat Karya Tunai (PKT) harus kita dilaksanakan.

Adapaun kegiatan fiaik pembangunan yang akan segera dilaksanakan
1. Siring pasang panjang 140 meter 100 meter pakai talut, yang 40 meter tidak menggunakan talut dengan pagudana Rp 99.778.000,
2. Pembangunan Rabat Beton pinggir pantai dengan pagudana Rp 270.420.000,-
3. Pembangunan alat peraga PAUD pagudana Rp 10.359.800,-
4. Pembangunan MCK 2 unit pagudana Rp 23.938.000,-

Untuk dibidang pemberdayaan akan mengadakan tanaman pekarangan rumah yaitu, bibit Jeruk manis, bibit Cabe, bibit Terong dan Polibek. Daftar kegiatan ini lansung disampaikan dedi selaku ketua tim pelaksana kegiatan (TPK) di dalam rapat.

Memang kita sadari, Covid-19 ini memiliki dampak yang sangat meluas disegala terutama untuk masalah mencari nafkah. “umumnya saat ini tentu agak sedikit ragu dengan adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) walaupun di Bengkulu Selatan ini belum diterapkan,” ujarnya.

bupati menginstruksikan agar segera melaksanakan kegiatan pembangunan yang sudah ditetapkan dalam APBdes.

“Ya sudah barang tentu kegiatan tersebut telah tercantum di dalam RKP, dengan tujuan agar warga bisa menambah penghasilan. Melalui mekanisme, sehingga permasalahan warga bisa sedikit terbantu di dalam bidang keuangan,”paparnya.

Sementara itu Camat Bunga Emas Ir Miran menjelaskan bagi desa yang sudah siap melaksanakan pembangunan segeralah laksanakan. akan tetapi kita tetap ikuti aturan yang telah disepakati.

Kita tetap harus menjaga jarak antara satu dengan yang lainnya. Selanjutnya dalam pekerjaannya nanti kita tetap harus mematuhi imbauan pemerintah untuk berpola hidup sehat mencuci tangan sebelum masuk kerumah serta menggunakan masker pada saat di luar rumah,” jelas Miran.

Dia menambahkan telah banyak upaya yang dilakukan untuk mencegah Covid-19 ini, mulai dengan pembuatan posko tanggap darurat.

“Kita juga mengadakan ronda keliling guna mengantisipasi kerumunan masyarakat, bila acara tersebut tidak terlalu penting,” tegas Camat Bunga Emas ini.

Sementara Kapolsek Ipda Davinsi Josie Sidabutar, S.TrK berpesan agar pekerjaan itu segera laksankan sesuai dengan aturan yang ada.

“Kami unsur dari penegak hukum sangat mendukung pembangunan yang ada di Desa ini. Namun bila ada permasalahan tidak perlu buru-buru dibawak keluar selesaikanlah di dalam Desa inilah, dari pihak kepolisian ada Bhabinkamtibmas dan dari TNI ada Babinsa mereka ini siap membantu apapun permasalahan yang ada di Desa,” pesan Kapolsek.

Acara praplaksana pembangunan ini dibarangi juga dengan pembagian alat anti sepkti. Kesetiap rumah warga berupa, galon air, kursi, sabun, dan juga masker.[and]

top