Hore..! Skema Pencairan DD Tahun Ini Kembali Dipermudah

oleh -50 views

BENGKULU SELATAN | PANDAWA98.COM – Mulai tahun ini, skema pencairan Dana Desa (DD) bakal mengalami perubahan, dari prosentase 20-40-40 menjadi 40-40-20. Perubahan ini diharapkan membawa peningkatan antusiasme desa membangun mulai awal tahun anggaran.

Demikian diutarakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bengkulu Selatan, Hamdan Syarbaini SSos MSi. “Jadi, mulai tahun 2020 ini, pencairannya 40 persen di tahap pertama, tahap kedua juga 40 persen, sisanya di tahap ketiga,” paparnya¬†saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (17/1/2020) kemarin.

Mantan Camat Air Nipis ini mengaku, tahun-tahun sebelumnya tidak sedikit pemerintah desa mengeluhkan penumpukan kegiatan pembangunan pasca pencairan DD tahap ketiga, sementara saat itu tahun anggaran hampir berakhir (tutup buku) dan cuaca mulai kurang bersahabat bagi kegiatan pembangunan fisik.

Dengan perubahan ini, kata Hamdan, desa-desa akan lebih mudah melaksanakan kegiatan pembangunan sebaik-baiknya dengan rentang waktu lumayan longgar.

“Ini kabar baik bagi pemerintah desa untuk segera menyesuaikan perencanaannya (APBDes-red). Kita berharap mulai tahun ini tidak ada lagi penumpukan kegiatan di akhir tahun,” pungkasnya.[and]

top