,

Kabar Gembira Untuk Perangkat Desa BS Dalam Waktu Dekat, Para Abdi Desa Akan Mengantongi NIAPD

oleh -902 views

BENGKULU SELATAN | PANDAWA98.COM – Anggota Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Gelar Acara Deklarasi Penerbitan NIAPD Untuk perangkat Desa se Kabupaten Bengkulu Selatan di aula Dinas DPMD Rabu 31/3/21.

Acara Deklarasi dihadiri Ketua PPDI Bengkulu Selatan Yudiansyah. Asisten l Pemda Bengkulu Selatan Yunizar Hasan. Dewan Penasehat PPDI Hendri Farizal, Hamdan Sarbaini. dan beberapa perangkat Desa se Kabupaten Bengkulu Selatan.

Dalam sambutan ketua PPDI Bengkulu Selatan Yudiansyah. banyak mengucapkan rasa terima kasih terhadap Dewan penasihat Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) yang telah membina dan mensuppot geraknya PPDI sehingga terjalin dengan kekompkan kami sangat banyak mengucapkan rasa syukur dengan adanya bimbingan dan binaan yang telah dibentuk dengan kerja sama yang baik sehingga PPDI Bengkulu Selatan tetap militan,” ungkap Yudi.

dengan melalaui Deklarasi Penerbitan NIAPD Perangkat Desa ini Yudi mengharpakan hendaknya jangan sampai terlalau lama menunggu penerbitan NIAPD Supaya hal ini menjadi ketenangan bagi seluruh perangkat Desa se kabupaten Bengkulu Selatan sehingga dalam menjalankan roda pemerintahan yang ada di Desa Masing-Masing akan berjalan lebih maksimal lagi,” harap Yudi.

Dikatakan Asisten l Pemda Bengkulu Selatan Yunizar Hasan. Untuk menginventarisasi jumlah perangkat Desa patut bersyukur, melalui Persatuan Perangkat Desa Indonesia atau PPDI yang berhasil menorehkan sejarah. Perjuangan PPDI menuai hasil yang positif tuntutannya satu demi satu sudah membuahkan hasil.
Pertama mengenai Penghasilan Tetap Perangkat Desa.
Kedua mengenai tuntutan untuk membuatkan NIAPD ke Seluruh perangkat Desa se kabupaten Bengkulu Selatan. kekuatan perangkat desa. Mengingat perangkat desa bukan jabatan politis.
Harapannya dengan pemberian NIAPD atau Nomor Induk Pemerintah Desa pekerjaan perangkat desa bisa lebih terjamin keamanannya dari perilaku seandainya ada Kepala Desa yang semena-mena tidak tahu aturan,”ungkapnya.

Penahasehat PPDI Bengkulu Selatan Hendri Farizal. menjelaskan ketika sudah ketemu berapa jumlah pasti dari perangkat desa ini, tentu akan bisa sebagai acuan dalam pengajuan alokasi anggaran untuk pemberian penghasilan tetap yang bersumber dari APBN langsung.

Sementara ini penghasilan tetap perangkat desa bersumber dari Dana Alokasi Umum yang kemudian disalurkan lewat ADD dengan rumus tertentu, sedangkan dalam pengalokasiannya Pemerintah Pusat tidak tahu berapa jumlah anggaran untuk penghasilan tetap perangkat desa.

Belajar dari hal tersebut, tentunya ketika ada angka pasti jumlah perangkat desa di Indonesia melalui penerbitan NIAPD, Pemerintah Pusat bisa langsung mengajukan nominal pasti, berapa anggaran sebagai pemberian penghasilan tetap perangkat desa yang bisa disalurkan lewat APBN,” Jelas Hendri.

Hamdan Sarbaini Selakau Penasehat PPDI menjelaskan
Dengan adanya NIAPD ini, tentu langkah awal dalam inventarisasi masalah sudah terpenuhi, termasuk didalamnya berapa besar alokasi anggaran pertahun yang harus dikeluarkan pemerintah dalam hal pemberian penghasilan tetap untuk perangkat desa.
Juga disampaikan Hamdan terhadap perangkat Desa yang menghadiri acara Deklarasi dengan adanya penerbitan NIAPD tidak ada pungutan uang sepeserpun. dalam hal ini adalah betul -betul murni perjuangan PPDI yang secara militan,”Pungkas Hamdan.[and]

top