, ,

Komitmen Dorong UMKM, Gubernur Rohidin Ajak Masyarakat Bangga Produk Daerah

oleh -15 views

BENGKULU | PANDAWA98.COM -Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengajak masyarakat Bengkulu bangga terhadap produk – produk buatan dalam negeri. Terkhusus produk dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Provinsi Bengkulu.

Hal ini dalam rangka mensukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Wisata Indonesia (Gernas BBI & BWI) serta Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021.

Bengkulu memiliki banyak sekali produk – produk UMKM unggulan, baik berupa fashion, kuliner, hingga pariwisata. Namun kesemuanya dibutuhkan dukungan semua pihak untuk lebih baik dan punya kontribusi besar terhadap pemulihan ekonomi. Tidak saja dari pemerintah, maupun swasta, namun juga secara khusus dari masyarakat sendiri sebagai konsumen.

“Mari kita munculkan semangat cinta dan bangga dengan apa yang dibuat dan dihasilkan oleh masyarakat Bengkulu, juga secara nasional, demikian dengan destinasi wisata yang tersebar di 9 Kabupaten 1 Kota, bahkan di beberapa desa sudah di kelola dengan baik oleh masyarakat desa, ini yang harus kita kembangkan secara bersama – sama,” ajak Rohidin saat menghadiri Opening Ceremony Gernas BBI & BWI, KKI) 2021 yang mengambil tema ‘Mendorong UMKM dan Sektor Pariwisata Sebagai Kekuatan Utama Menuju Indonesia Maju Melalui Sinergi, Kreatifitas dan Digitalisasi’ di Hotel Mercure Bengkulu, Rabu (3/3/2021).

Secara khusus ia mengucapkan terima kasih kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu yang telah membimbing UMKM di Bengkulu untuk dapat meningkatkan kualitas produknya hingga dapat bersaing dengan produk – produk nasional lainnya.

“Saya berterima kasih kepada Bank Indonesia mulai dari pembuatan produk di tingkat desa, bahkan kecamatan, kabupaten, sehingga muncul sebagai produk yang betul – betul memiliki nilai pasar,” pungkas Gubernur Bengkulu kesepuluh ini.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu Joni Marsius menjelaskan komitmen Bank Indonesia (BI) ikut mendorong peningkatan kualitas UMKM Bengkulu. Di samping juga mengajak masyarakat untuk bangga menggunakan produk daerah sendiri.

“Bank Indonesia berkomitmen terus untuk mengembangkan UMKM agar dapat berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional dengan bersinergi dengan berbagai kementerian dan lembaga. Karena kunci utama pengembangan UMKM diantaranya adalah sinergi bersama para stakeholder, yang selanjutnya kreatifitas untuk dapat menarik pasar. Kami yakin Provinsi Bengkulu memiliki potensi untuk dikembangkan. BI selalu membuka diri untuk pengembangan UMKM,” terang Joni. [IAC]

top