Makanan Khas Bengkulu Selatan Ikan Pais (Pendap) Sudah Terkenal di Indonesia

oleh -90 views

BENGKULU SELATAN | PANDAWA98.COM — Orang Indonesia wajib bersyukur bisa lahir dan hidup di negeri penuh kekayaan ini. Bukan hanya kekayaan alam, kekayaan kuliner juga membawa Indonesia memiliki banyak makanan dengan beragam cita rasa. Bahkan, tiap daerah memiliki makanan khas tersendiri yang unik.

Siapa sangka ikan pais “pendap” yang berbahan ikan dibukus daun talas ini bayak disukai banyak orang yang dinilai unik dan memiliki cita rasa yang tinggi. Wahhh..bahkan terkenal di seluruh indonesia. dan tidak menutup kemungkinan sampai ke manca negara nantinya.

Ikan pais dan Pendap merupakan menu makanan khas Bengkulu Selatan yang sudah terkenal dimana-mana. Menu makanan yang berbahan dasar ikan ini banyak di minati masyarakat diluar Daerah Bengkulu Selatan, bukan hanya itu saja makanan pendap khas Bengkulu Selatan ini sudah dikenal di Indonesia seperti Kalimantan dan Jawa. Minggu, 04/04/2021.

Saat di konfirmasi diruang kerjanya, Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi mengatakan “iya memang benar makanan khas Bengkulu Selatan terutama pendap sudah banyak yang mengenalnya salah satunya Kalimantan dan Jawa, bukan hanya itu saja mereka yang berkunjung di Bengkulu Selatan membeli oleh-oleh khas Manna Bengkulu Selatan seperti pendap,”ungkap Gusnan dengan wajah bersemangat mempromosikan makanan khas Bengkulu Selatan.

“Perlu masyarakat ketahui, cara memasak pendap itu memakan waktu yang cukup lama minimal enam jam hingga delapan jam. Pendap ini sekilas mirip ikan pepes, akan tetapi cara memasaknya sedikit berbeda. Pendap yang berbahan dasar ikan ini ditambah bumbu rempah, cabe giling, kelapa parut, dan dibungkus dengan daun talas,”tambah Gusnan.

Selain pendap dan ikan pais, makanan khas Bengkulu Selatan yakni ada juga gulai kembaang dan gulai tempoyak. makanan ini sudah lumrah menjadi sajian disetiap hajatan. disamping unik makanan ini memang menambah selera makan bagi pengagumnya dari zaman dahulu kala makanan ini sudah menjadi makanan khas Daerah Bengkulu Selatan.[and]

top