Pemdes Batu Kuning bahas Penetapan APBdes Tahun 2021

oleh -29 views

BENGKULU SELATAN | PANDAWA98.COM – Pemerintah Desa Batu Kuning laksanakan pembahasan Penetapan APBDes tahaun 2021. Berdasarkan Permendes PDTT No. 13 Tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa (DD) tahun anggaran 2021 dan pembahasan permasalahan lain dalam rangka penyusunan APBdes tahun anggaran 2021 maka Desa Batu Kunimg dan Batu Lambang mengadakan musyawarah pembahasan dan percepatan APBdes Desa Batu Kuning dan Batu Lambang bertempat di gedung Bumdes, Desa Batu Kuning, Kecamatan Pasar Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan pada hari Jumat, 5 Februari 2021.

Dalam musyawarah tersebut, salah satunya membahas tentang Tunjangan BPD dan penyaluran Bantuan Langsung Tunai(BLT).

Acara tersebut langsung di hadiri oleh camat Pasar manna, Mimi Herawati, S.Pd., M.Si, sekaligus memberikan kata sambutan. Tampak hadir juga PJS Kades Batu Lambang Ahmad Yusran Hanafi, Am.AK berserta perangkat Desa Batu Lambang.

Dalam kata sambutannya, Camat Pasar Manna, Mimi Herawati menyampaikan tentang Tunjangan BPD peraturan Bupati No. 34 Tahun 2020. Yang mana tunjangan tersebut bisa di naikkan sesuai dengan peraturan Bupati apabila kondisi keuangan Desa memungkinkan.t
“Itu juga untuk Desa – desa yang lain agar menjadi suatu bahan perbandingan. Untuk kenaikan tunjangan BPD, yang artinya kalau Desa lain kenaikan tunjangan BPD bisa sesuai dengan Perbub. Seperti contoh Desa Batu Lambang bisa memberikan kenaikan tunjangan BPD sesuai dengan Perbub, itu mungkin keuanganya cukup memungkinkan. Tapi kalau Desa Batu Kuning keuangan tidak memungkinkan, anggota BPD tidak bisa untuk memaksakan, jadi tetap melihat kondisi keuangan Desa,” ujar Camat menjelaskan.

Namun dalam pokok bahasan mengenai kenaikan tunjangan BPD belum menemukan titik temu, akhirnya rapat di tunda. Kepala Desa Batu Kuning, mengambil kesimpulan, untuk rapat yang akan datang, tentang tunjangan BPD dan BLT, lebih baik dibahas di desa dengan BPD masing-masing. [and]

top