Pemdes dan BPD Suka Raja KDI Gelar Acara MusrembangDes Usulan Sekala Prioritas Kegiatan

oleh -28 views

BENGKULU SELATAN | PANDAWA98.COM – Badan Permusyawaratan Desa BPD, Suka Raja Kecamatan Kedurang Ilir Selasa 9/2/2021 menggelar Musyawarah MusrembangDes, Acara tersebut Berlangsung di aula kantor Desa Suka Raja
Seperti biasanya Musrenbangdes dipimpin oleh Ketua BPD dan dihadiri seluruh anggota BPD, turut hadir dalam acara tersebut, Segenap Unsur Trivika Kecamatan KDI.

Dalam sambutanya, Kepala Desa Bidiyan menyampaikan, Musyawarah Desa ini merupakan amanat undang-undang yang harus dilaksanakan. Ini adalah wujud dari rencana pembangunan yang berkesinambungan sehingga dalam pelaksanaanya menjadi terarah dan terukur.

“Musrenbangdes ini merupakan tahap awal perencanaan Pembangunan yang ada di Desa, oleh sebab itu, mari kita usulkan apa saja yang kita rencanakan untuk pembangunan di Desa kita ini,” ajak Kades.

Lebih Jauh dikatakan Kades usulan Pembangunan melalui Musrenbangdes ini, rencana pembiayaannya akan di usulkan melalui APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN Pusat, berdasarkan hal itu usulan tersebut sifatnya yang tidak bisa didanai oleh Dana Desa, akan tetapi kalau yang sifatnya mendesak dan terjangkau dengan Dana Desa kita usulkan melalui Dana Desa,” jelasnya.

Camat KDI Marwin menambahkan, semua pelaksanaan Pembangunan, baik fisik maupun non fisik berawal dari hasil musyawarah masyarakat. Hasil dari Musrenbangdes ini nanti, akan dibawa kemusyawarah tingkat Kecamatan, hingga tingkat Kabupaten sampai Provinsi,”ucapnya.
Sebelum pembukaan acar Camat menuturkan Kegiatan Musrenbangdes ini merupakan kegiatan rutin Badan Permusyawaratan Desa, untuk menampung aspirasi/usulan masyarakat terkait dengan kegiatan Pembangunan Desa tahun anggaran selanjutnya.
“Pemerintah Desa dalam hal ini sifatnya hanya mempasilitasi untuk kesuksesan acara, kegiatan ini dilaksankan di tahun 2021 namun usulan ini untuk kegiatan tahun 2022,” ujar Camat.

Lanjut Camat. menjaring semua usulan masyarakat. Namun dalam musrembangdes kali ini ada beberapa usulan Nantinya semuanya penting akan tetapi apa saja yang menjadi skala prioritas, oleh masrakat itu yang kita utamakan,” Tutupnya. [and]

top