Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Pemdes Gunung Sakti Gelar Pelatihan

oleh -43 views

BENGKULU SELATAN | PANDAWA98.COM – Pemdes Gunung Sakti Kecamatan Manna gelar acara pelatihan peningkatan SDM aparatur Desa di aula Gedung Serbaguna Desa setempat rabu (21/10).

Acara tersebut dihadiri Kepala Desa Nadiman, seluruh jajaran perangkat Desa dan beberapa narasumber dari Dinas PMD dan tenaga ahli dari kabupaten pelatihan berlangsung selama dua hari Rabu dan Kamis.

Pemerintah Desa adalah penyelenggaraan urusan Desa dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kapasitas atau kapabilitas adalah sebuah ukuran kemampuan dari seseorang atau institusi dalam menjalankan fungsinya. Peningkatan Kapasitas dapat diartikan perlunya ditingkatkan standar kemampuan atau diusahakan peningkatan kemampuan karena belum memenuhi standart.

Dikatakan salah satu perangkat Desa selakau Kasi Pelayanan yakni Nopius ketika di komfirmasi pandawa98.com “Melalaui pelatihan ini muda mudahan seluruh jajaran perangkat Desa Gunung Sakti bisa memahami apa yang telah disampaikan oleh narasuber untuk dijadikan ilmu dalam mejalankan poksinya masing-masing demi untuk Desa membangun,”katanya.

Pada saat ini, peranan Pemerintah Desa sangat diperlukan guna menunjang segala bentuk kegiatan pembangunan. Berbagai bentuk perubahan sosial yang terencana dengan nama pembangunan dipekenalkan dan dijalankan melalui Pemerintah Desa.

Untuk dapat menjalankan perannya secara efektif dan efesien, Pemerintah Desa perlu terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan kemajuan masyarakat desa dan lingkungan sekitarnya. Dengan kata lain, perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat desa karena adanya gerakan pembangunan desa perlu diimbangi pula dengan Pengembangan Kapasitas Pemerintahan Desanya. Sehingga, desa dan masyarakatnya tidak hanya sebatas sebagai objek pembangunan, tetapi dapat memposisikan diri sebagai salah satu pelaku pembangunan.

Berkaitan dengan hal tersebut,
Pemerintah Desa Gunung Sakti Kecamatan Manna telah menggelar acara Peningkatan SDM aparatur Desa hal ini dilakukan untuk deami kemajuan Desa Bersama pengembangan wawasan dan pengetahuan bagi para penyelenggara Pemerintahan Desa merupakan kegiatan yang menjadi prioritas utama.

Sehingga pengembangan wawasan, pengetahuan, sikap dan keterampilan para penyelenggara Pemerintah senantiasa teraktualisasi seiring dengan bergulirnya perubahan yang senantiasa terjadi. Meningkatnya kualitas Kapasitas Pemerintah Desa melalui pengembangan akan memberikan peluang yang besar bagi terlaksananya segala bentuk kegiatan pembangunan Desa secara efektif dan efesien.[and]

top