Songsong Era Desa Digital, Pemdes Kemang Manis Jalani Bimtek

oleh -163 views

BENGKULU SELATAN | PANDWA98.COM – Pemerintah Desa Kemang Manis Kecamatan Pino Raya melaksanakan Pelatihan Bimbingan Teknis( Bimtek) pada umumnya Desa-desa di Indonesia didorong untuk mengimplementasikan digitalisasi dalam upaya mendorong semakin dinamisnya perekonomian di pedesaan sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan dan mewujudkan pembangunan desa digital.

Pjs Kades Kemang Manis Afran Muslinin, saat dikunjungi pandawa98.com setelah tiba dari jakarta Jum’at(19/3/21) menjelaskan begitu pentingnya azas manfaat peningkatan SDM Bagi perangkat Desa dan BPD untuk menambah ilmu pengetahaun secara digital yang mana sebagai wadah informasi Desa Ke seluru Indonesia untuk perkembangan kegiatan yang ada di Desa sehingga nantinya dapat terpantau ke permukaan publik.

“Ini penting dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan anggota BPD dan Pemerintah desa untuk mewujudkan implementasi pembangunan desa secara digital yang akan muncul ke seluruh Dunia,” katanya.

Juga disampaikan Damsiar Amran selaku kasi pelayanan dengan adanya pelatihan Bimtek yang kami jalani selama empat hari di jakarta sangat berarti bagi kami selaku perangkat Desa dan anggota BPD website dan aplikasi ini akan menjadi satu kesatuan pusat data anggota Apbdes dalam satu wadah informasi yang dapat diakses oleh setiap anggota dimana saja dan kapan saja agar menjadi kekuatan dan anggota BPD dan Pemdes,”terang Amran.

“Untuk itu saat ini ada Apbdes Online sebagai layanan yang diciptakan dan bentuk komitmen meningkatkan kualitas pelayanan untuk anggota desa yang tergabung. Di dalamnya terdapat fitur layanan yang dapat diakses anggota untuk memudahkan koordinasi dalam menggerakkan roda organisasi perkembangan Desa.

selain itu akan adanya informasi mengenai bimtek serta adanya peluang pendapatan untuk menggerakkan Apbdes agar lebih mandiri,” kata Kades.

Lebih lanjut pjs kades Menjelaskan dengan go digital diharapkan desa dapat memberikan manfaat yang maksimal dalam membantu masyarakat serta mempermudah dalam mengatur data keanggotaan sehingga terintegrasi dalam satu sistem terkoordinasi untuk komunikasi anggota membantu program-program yang ada di desa bisa berjalan dengan baik.

Bukan sekedar perangkat Desa yang mendapatkan Bimbingan teknis melainkan anggota BPD juga ikut untuk menimbah ilmu teknologi seperti ini agar proaktif memberikan bimbingan kepada anggota BPD untuk menggunakan aplikasi ini agar menjadi wadah aspirasi dan informasi serta akses produk finansial yang dapat menyejahterakan anggota yang tergabung dalam Apbdes.

“Jadikan Apbdes sebagai wadah silaturahmi, komunikasi, diskusi, membangun sinergi dengan semua anggota, menyamakan persepsi dalam mewujudkan pembangunan, SDM, serta kehidupan yang lebih sejahtera,” tuturnya.

Hadirnya layanan ini, menurut Pjs Kades juga sebagai bentuk era komunikasi modern yang telah membawa perubahan besar pada kultur birokrasi yang dituntut dapat bekerja cepat, tepat, dan akurat dengan menghadirkan layanan sistem informasi yang mudah, murah, terbuka, dan pasti.

penyedia teknologi dan informasi bagi pedesaan mengatakan, teknologi komunikasi dan informatika merupakan salah satu instrumen yang bisa diandalkan untuk menunjang program pembangunan desa.

Dengan kehadiran sistem informasi Digital Desa diharapkan dapat membuka akses masyarakat untuk memajukan serta mencapai kemandirian desa dan ikut serta membangun kejayaan bangsa Indonesia.

Dan harapan kami agar Desa akan cepat mengalami perkembangan, apabila adanya sinergi antara asosiasi penghimpun dengan perusahaan teknologi sehingga dapat meningkatkan pembangunan, ekonomi, dan SDM warga khususnya Desa Kemang Manis ,” ucapnya.[and]

top