Ssst … Ada Kades Punya Istri Dua, Kadis PMD: Bisa Kena Sanksi

oleh -1.213 views

BENGKULU SELATAN | PANDAWA98.COM – Kepala Desa Padang Mumpo Kecamatan Pino HD, telah melakukan pernikah siri beberapa bulan yang lalu.

Pernikahan itu dilakukan si kades, dengan seorang janda yang berinisial IY. Belakangan IY, diketahui menjanda setelah ditinggal pergi untuk selamanya oleh suaminya yang merupakan salah satu ASN di Bengkulu Selatan. Pernikahan siri itu tidak mendapat persetujuan dari istri sah si kades.

“Tindakan yang dilakukan oleh Kades itu tidak dibenarkan. takutnya bisa menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat,”kata Kepala Dinas PMD Bengkulu Selatan, Hamdan Sarbaini, Senin (29/6)

Kadis DPMD Hamdan Sarbaini

“Kades bisa saja dikenakan sangsi, bahkan pemberhentian. Jika ada warga yang tidak terima dengan penikahan siri yang ia lakukan bila benar – benar terbukti,” tegasnya.

Ketika wartawan media ini mengujungi rumah Kades Padang Mumpo tersebut. Hanya bertemu si istri sah dari kades tersebut.

“Saya tidak tahu dengan pernikahan siri suaminya, dan lagi pula mana ada seorang istri menyuruh suami nikah lagi,”pungkasnya.

Tepisah
Ketua lembaga PBH (pemantau birokasi dan Hukum) Noferdi, dengan adanya dugaan yang di lakukan oknom kades melakukan pernikahan siri tersebut hendaknya diberikan sangsi yang seharusnya sebagai pejabat pemerintahan Desa tentunya memberikan contoh yang baik tehadap masyarakatnya. “Nofredi selaku ketua Pemantau Birokrasi dan Hukum (PBH) berharap terhadap pemerintah Daerah harus memberikan sangsi sesuai dengan hukum yang berlaku jika ini terbukti,”tegas Ketua PBH.

Sementara itu salah satu kepala KUA di Bengkulu Selatan Sulpan, menaggapi persoalan ini. Jika pernikahan siri ini benar – benar di lakukam oleh oknum kades tersebut maka tindakan ini di anggap menyalai aturan secara hukum yang berlakau,”paparnya.

Hingga berita ini diterbitkan oknum kades tersebut masih dalam upaya dikonfirmasi kembali.[and]

top