Terpilih Aklamasi, Iwanto Pimpin GP Ansor Bengkulu Selatan

oleh -80 views

BENGKULU SELATAN | PANDAWA98.COM – Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PC GP Ansor) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) menggelar Konferensi Cabang (Konfercab), pada Minggu (14/2). Konfercab yang digelar di aula Bumi Perkemahan Sekuning Kecamatan Manna tersebut, Iwanto MHI terpilih secara aklamasi menjadi Ketua PC GP Ansor BS untuk masa khidmat 2021-2025.

Kepala KUA Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur ini, terpilih secara aklamasi setelah lima anggota mandataris dari Pengurus Wilayah GP Ansor Bengkulu yakni, Muhammad Arif Hidayat, Iwanto, Chairul Anwar Tanjung, Agus Nugroho dan Mafahir, sepakat menunjuk Iwanto menjadi Ketua PC GP Ansor BS.

Ketua Mandataris PW GP Ansor Bengkulu, Muhammad Arif Hidayat mengatakan, penunjukkan Iwanto sebagai Ketua PC GP Ansor BS lantaran secara kondisional PC GP Ansor BS belum memungkinkan menggelar konfercab sesuai AD dan ART GP Ansor.

“Karena PC GP Ansor di BS ini sudah lama fakum, statusnya ditingkat pusat sudah tidak diakui lagi atau dihapus. Bisa dibilang kita bangun cabang persiapan PC GP Ansor BS, meski dalam sejarahnya PC GP Ansor sudah lama eksis di BS. Sehingga, tidak memungkinkan menggelar konfercab sesuai aturan yang ada,” papar Arif.

Sebelum Konfercab, pihaknya terlebih dahulu menggelar Diklat Terpadu Dasar (DTS) yang digelar mulai dari Jumat (12/2) hingga Minggu (14/2).

Dalam DTD tersebut, hadir Ketua PW GP Ansor Bengkulu Muhammad Soleh, Ketua Bidang Kaderisasi PW GP Ansor Bengkulu M. Fajri dan pengurus PW GP Ansor lainnya. Serta sejumlah instruktur dari Satkorwil Bengkulu.

Pelaksanaannya sendiri dipusatkan di Bumi Perkemahan Tebat Sekuning Desa Jeranglah Rendah Kecamatan Manna, Bengkulu Selatan. Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. “Pelaksanaan DTD nya kami design menyesuaikan dengan prokes covid-19 yang ketat. Alhamdulillah, dari 125 peserta yang mendaftar dan mengikuti dari awal, yang lulus ada 48 peserta dan dibaiat menjadi Banser Bengkulu Selatan,” ungkap Arif.

Sementara, Ketua PW GP Ansor Bengkulu, Muhammad Soleh meminta agar ketua terpilih segera membentuk tim formatur untuk menyusur kepengurusan ditingkat cabang, hingga anak cabang (PAC).

“Kepada seluruh anggota Ansor dan Banser di Bengkulu Selatan, harus bergandengan tangan membumikan Aswaja Annahdliyah dan mengokohkan semangat nasionalisme yang kuat, khususnya pada kalangan muda, generasi milenial,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua PC GP Ansor BS terpilih Iwanto menegaskan bahwa prinsip khidmah dan ikhlas merupakan pondasi yang sangat kokoh dalam berorganisasi. “Karena menjalankan organisasi ini yang merupakan Banom NU prinsip sekaligus yang harus menjadi pondasi para kadernya adalah niat yang tulus serta ikhlas dulu untuk berkhidmat dengan para ulama NU, insyallah dengan begitu Ansor di daerah kita ini semakin kuat,” kata Iwanto dalam sambutannya.

Pihaknya menargetkan secepatnya menyusun kepengurusan PC GP Ansor dan 11 PAC. “Kami fokus dulu membenahi serta menguatkan internal organisasi, sembari perlahan melakukan kaderisasi, meningkatkan kualitas serta semangat kader,” pungkas Iwanto. (GUS)

top