Warga Desa Muara Pulutan Basuh Dusun Karena Sering Alami Musibah

oleh -5 views

BENGKULU SELATAN Ι PANDAWA98.COM—Warga Desa muara pulutan basuh dusun karna sering terjadinya musibah,yang tidak wajar yang menimpah warga desa Muara Pulutan acara tersebut di hadiri warga setempat tokoh agama dan pemerintah desa setempat, Selasa (20/08/19) pagi.

Prosesi basuh dusun di kawasan kebun sawit milik warga Desa Muara Pulutan, Selasa (20/8) pagi.

Acara ini berisi penyembelihan kambing untuk disantap bersama, serta pembacaan do’a selamat, dipimpin Ahmad kulil selaku tokoh agama.

Menurut salah satu warga, Jhon Hamid, tradisi lokal ini digelar di luar area pemukiman warga sebagai syarat menjauhkan marabahaya yang sering terjadi ahkir-ahkir ini di desa tersebut, seperti kecelakaan lalu lintas, jatuh dari atas bangunan, hingga raib dari rumah yang merenggut nyawa tiga warga Desa Muara Pulutan.

“Apalagi yang sering terjadi di Tebing Kayu Aro, hampir rata-rata kecelakaan tabrakan, jadi wajar saja kalu masyarakat mengadakan basuh dusun muda-mudahan ke depannya akan lebih baik,” harapnya kepada Pandawa98.com, usai pelaksanaan ritual.

“Dengan basuh dusun ini, semoga dapat menjauhkan warga desa kami dari marabahaya. Sekaligus memohon keselamatan kepada Sang Pencipta, agar terhidar dari musibah yang tidak diinginkan,” tutup Jhon.[pd33]

top